Jakarta, Rubrik Indonesia —

Sudah ada puluhan judul atau bahkan ratusan yang dianggap sebagai film barat terbaik hadir di pasaran. Genrenya pun beragam, ada yang mengusung genre horor, aksi (action), percintaan (romance), komedi, atau bahkan gabungan dari beberapa genre tersebut.

Indikator film menjadi yang terbaik juga bermacam-macam. Mulai dari kepiawaian pemeran yang ada dalam film, alur cerita, kemegahan sinematografi, dan lainnya.

Berikut Rubrikindonesia.com berikan rekomendasi film barat terbaik dari 4 genre sekaligus, yakni horor, romance, komedi, dan action:

Film Barat Terbaik Genre Horor

1. The Conjuring

[Gambas:Youtube]

Film ini menjadi awal kisah The Conjuring dan disebut-sebut berdasarkan kisah nyata. Kisah berawal satu keluarga pindah ke sebuah rumah pertanian tua di Harrisvile.

Keanehan-keanehan kerap muncul setibanya mereka di sana kemudian minta tolong ke pasangan para normal untuk mengecek hal-hal aneh yang kerap terjadi.

Sejoli paranormal itu kemudian menyarankan keluarga tersebut melakukan ritual pengusiran setan. Sang hantu malah berpindah menghantui keluarga sang paranormal, dia merasuki salah satu koleksi benda bersejarah yang mereka miliki yakni boneka yang bernama Anabelle.

2. Get Out




Foto: Dok. Universal Studios
Get Out adalah film barat terbaik genre horor-thriller yang seru sekaligus membuat penonton bergidik ketakutan

Kisahnya bermula saat seorang fotografer kulit hitam yang memiliki kekasih wanita berkulit putih. Mereka sudah menjalin kasih selama lima bulan.

Satu waktu sang perempuan mengajak prianya untuk berkunjung ke rumah orang tuanya. Sempat ada kegusaran dari sang pria karena hal itu, namun singkat cerita dia akhirnya memenuhi keinginan sang perempuan.

Kunjungan sang pria ke rumah calon mertuanya itu ternyata tidak pernah dia bayangkan, dia mulai mengalami hal-hal yang membingungkan, dan ceritanya mulai seru dari sini.

3. Hereditary

[Gambas:Youtube]

Hereditary bercerita mengenai seorang perempuan tertutup dengan banyak rahasia yang mendapat terror selepas ibunya meninggal dunia. Dia hidup dengan suami dan dua anaknya.

Anak pertama dikisahkan ingin sekali mendapatkan kebebasan di luar rumah, sementara anak keduanya adalah anak yang memiliki kepribadian unik dan berbeda dari anak-anak seusianya. Rumah tangga sang perempuan ini diuji banyak teror setiap hari.

Perempuan itu pun mulai mencari tahu sebab teror itu, dan menemukan ada misteri keluarga yang disebut sebagai “warisan” yang didatangkan dari keluarganya di masa lalu. Sayang, semakin jauh dia berusaha mengungkap misteri, bahaya yang mengintai semakin besar.

Film Barat Terbaik Genre Romance

1. 500 Days of Summer




Cuplikan Film 500 Days of Summer (2009)Foto: Dok. Fox Searchlight Pictures
500 Days of Summer merupakan salah satu film barat genre percintaan terbaik

Kisahnya bercerita soal perempuan dan pria yang awalnya dikisahkan saling jatuh cinta, bahkan seakan tidak ada penghalang atas perasaan itu.

Namun, sang karakter perempuan satu waktu mengambil keputusan untuk memutuskan jalinan tali asmara tersebut. Sang laki-laki tidak terus terkungkung dengan romansa masa lalu, sementara sang wanita berhasil keluar, bahkan dikisahkan menikah.

2. La La Land

[Gambas:Youtube]

La la land adalah salah satu film barat terbaik yang mengusung genre romantis tahun 2016. Selain itu kisah romansa dalam film ini dibalut dengan musical yang belakangan lagu-lagunya sempat menjadi hits di media streaming Spotify.

Berkisah soal asmara antara pemuda yang berprofesi sebagai pemain piano di sebuah bar dengan wanita yang punya cita-cita jadi aktris terkenal.

Seiring berjalannya waktu, perahu asmara dua sejoli tersebut diterjang badai dan akhirnya putus, meski begitu keduanya sempat sama-sama berhasil meraih cita-cita yang dikisahkan pada awal film.

3. The Notebook

[Gambas:Youtube]

Film diawali dengan adegan Noah tua yang diperankan Ryan Gosling yang tengah mengayuh perahu di danau dan dari kejauhan Allie (Rachel McAddam) tengah memandanginya.

Noah sering mengajak Allie melakukan hal-hal yang menurut Allie gila, namun karena hal itu cinta malah bersemi di hati Allie. Sayang, cinta mereka terhalang orang tua Allie yang tak merestui anaknya dekat dengan Noah karena berasal dari keluarga miskin. 

Film ini diangkat dari kisah nyata dan diadaptasi dari novel karya Nicholas Spark. Dalam pengakuannya, Nicholas mengatakan bahwa dia membuat cerita dalam novel setelah mengenal seorang kakek.

Film Barat Terbaik Genre Komedi

1. Anchorman: The Legend of Ron Burgundy




Anchorman: The Legend of Ron Burgundy (2004)Foto: DreamWorks via Imdb
Anchorman: The Legend of Ron Burgundy adalah salah satu film barat terbaik genre komedi

Film ini memilih latar tempat di San Diego tahun 70-an di saat profesi seorang anchorman atau pembaca berita di televisi merupakan profesi yang sangat prestisius dan dikagumi banyak orang.

Ada seorang pembawa berita yang begitu dikagumi oleh masyarakat setempat. Dia punya perkumpulan dengan toga kawannya yang satu profesi. Mereka berempat disebut sebagai channel 4 news team.

Anchorman sejatinya adalah bentuk kritik kepada pembuat siaran berita termasuk penyiarnya yang kerap hanya mengedepankan hal berbau sensasional dibanding substansi sebuah isu pemberitaan.

2. The Hangover

[Gambas:Youtube]

Film yang dirilis 2009 ini berkisah soal empat sekawan yang sebenarnya hanya lebih berpusat pada tiga tokoh utama saja. Kisah berawal saat seorang tokoh menikah dan ketiga temannya mengadakan pesta lajang pada sebuah club di Las Vegas.

Pada pesta tersebut mereka mabuk-mabukan dan memakai obat-obatan terlarang, kendati begitu sebab hal itu banyak tingkah konyol yang mereka lakukan.

3. Kick Ass

[Gambas:Youtube]

Karakter utamanya digambarkan sebagai seorang remaja yang kerap menghabiskan waktu dengan membaca komik. Selain itu dia digambarkan tidak punya teman.

Semakin sering dia membaca cerita komik semakin melekat penokohan tiap tokoh yang ada, hingga satu waktu dia mengklaim sebagai seorang superhero.

Alih-alih memiliki kekuatan, kelakuan dia yang seakan-akan seperti superhero malah kerap menimbulkan gelak tawa orang-orang di sekitarnya.

Film Barat Terbaik Genre Action

1. Inception

[Gambas:Youtube]

Inception bercerita tentang kelompok yang kerap mencuri ide lewat mimpi. Diceritakan ada seorang ekstraktor bernama Dom Cobb (Leonardo DiCaprio) yang dapat masuk dalam mimpi orang lain. Namun sayangnya, dia malah terjebak dan tidak bisa kembali ke dunia nyata.

Penonton akan dibuat terkesima dengan plotwist yang ada pada akhir Film yang disutradarai Christoper Nolan ini.

2. Mad Max: Fury Road

[Gambas:Youtube]

Film ini bercerita soal perebutan air dan minyak yang langka pada masa pasca-apokaliptik. Ceritanya akan banyak menggunakan mobil-mobil yang tidak pernah ada dalam dunia nyata.

Letusan senjata, kejar-kejaran mobil, ledakan kerap hadir dalam film berdurasi 2 jam ini. Penonton seakan tidak ada habisnya terus-terusan terpukau dengan aksi para pemain dalam film Mad Max: Fury Road.

3. Logan




Film LoganFoto: Screenshoot via youtube.com (20th Century Fox)
Logan adalah film barat terbaik genre action

Logan menjadi film terakhir aktor legendaris Hugh Jackman. Ia sudah lama berperan sebagai karakter Wolverine, salah satu karakter di komik Marvel.

Ceritanya akan berpusat pada Hugh yang sudah tua. Bersama kawannya, mereka akan berusaha bersama-sama melindungi mutan muda. Penonton akan disuguhkan adegan-adegan aksi Logan yang seru sekaligus menegangkan.

Saking bagusnya, Logan disebut-sebut sebagai film barat terbaik genre action yang rilis pada 2017, mengalahkan film lainnya.

(ndn/fef)

[Gambas:Video CNN]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here