Jakarta, Rubrik Indonesia —

Banyak misteri yang masih menarik dinanti kejelasannya di One Piece. Berikut lima misteri besar di One Piece.

Seiring perjalanan Kelompok Topi Jerami memasuki New World dan mulai berhadapan dengan Yonkou alias Kaisar Lautan, sejumlah misteri masih belum terjawab.

Misteri tersebut ada yang sudah muncul di awal cerita dan terus berkembang menunjukkan kepingan demi kepingan. Namun, ada pula misteri yang baru muncul.

Berikut lima misteri besar di One Piece:

1. Keberadaan Laugh Tale

Pada awal komik One Piece, nama pulau terakhir yang berada di Grand Line adalah Raftel. Raja Bajak Laut Gol D. Roger dan kelompoknya disebut sebagai satu-satunya yang mampu menginjakkan kaki di pulau tersebut.

Seiring cerita berjalan, akhirnya terungkap bahwa Raftel tidak akan bisa dicapai dengan log pose di New World. Untuk bisa mencapai Raftel, dibutuhkan road poneglyph yang berjumlah empat buah di dunia.

Tiap road poneglyph menunjukkan sebuah tempat. Bila empat tempat tersebut sudah ditentukan koordinatnya, barulah Raftel akan bisa ditemukan di titik persilangan empat koordinat tersebut.

Namun dalam perkembangan terakhir, nama pulau tersebut adalah Laugh Tale. Nama itu diberikan Roger karena mereka tertawa begitu mencapai pulau misterius tersebut. Keberadaan Pulau Laugh Tale itu yang saat ini kembali dicari oleh banyak bajak laut di dunia.

One Piece, harta karun peninggalan Roger juga dirumorkan diletakkan di pulau tersebut.

2. Abad Kekosongan

Dalam dunia One Piece, ada istilah abad kekosongan. Manusia yang ada saat ini tidak mengetahui yang terjadi dalam 100 tahun abad kekosongan tersebut. Sedangkan 800 tahun lalu, tepat setelah abad kekosongan, Pemerintah Dunia resmi berdiri.

Asumsi-asumsi yang ada ini membuat dugaan Pemerintah Dunia punya andil dalam menghapus sejarah 100 tahun di abad kekosongan tersebut. Batu poneglyph, semacam prasasti, menceritakan kisah-kisah yang terjadi dalam abad kekosongan tersebut.

Namun letak poneglyph terpencar di seluruh dunia, dan Pemerintah Dunia menganggap membaca poneglyph termasuk tindakan kriminal. Dalam Kelompok Topi Jerami, Nico Robin adalah sosok yang sangat tertarik dengan abad kekosongan tersebut.

Nico Robin juga jadi satu-satunya warga Ohara yang tersisa di dunia, satu-satunya yang sejauh ini disebut bisa membaca poneglyph sehingga kemampuan dan nyawanya begitu berharga.




Ilustrasi One Piece. (Dok. Toei Animation)

3. Will of D

Dalam dunia One Piece, banyak tokoh penting yang memiliki nama D., misal Monkey D. Luffy, dan juga sebelumnya Gol D. Roger.

Ada pula nama-nama lain, seperti Portgas D. Ace (kakak Luffy dan anak kandung Roger), Trafalgar D. Water Law, hingga Marshall D. Teach alias Kurohige yang sejauh ini diceritakan sebagai sosok antagonis.

Nama ‘D’ sering dianggap sebagai sosok iblis dan bahkan terkadang tak boleh diungkap ke publik seperti dalam cerita Law. Will of D ini kemudian berkaitan erat dengan teori abad kekosongan.

4. Tiga Senjata Purbakala

Dalam tiap batu poneglyph tak hanya menceritakan tentang sejarah yang hilang, tapi juga keberadaan tiga senjata purbakala.

Sejauh cerita berjalan, dua poneglyph sudah menceritakan tentang senjata purbakala, yaitu Pluton dan Poseidon. Pluton diceritakan di poneglyph yang ditemukan di Arabasta, meskipun lokasi pasti dan wujudnya belum diperlihatkan.

Sementara itu, ponegplyh yang menceritakan tentang Poseidon ditemukan di Shandora yang terlontar ke langit. Poseidon sendiri berada di Pulau Manusia Ikan yang ternyata adalah sosok putri duyung bernama Shirahoshi.

Kemampuan Poseidon yang telah diceritakan adalah memanggil Sea King alias monster penguasa laut berukuran besar.

Satu senjata purbakala lainnya disebut bernama Uranus. Belum ada cerita lebih lanjut tentang senjata ini, plus kegunaan asli dari tiga senjata purbakala tersebut.

Hal ini juga bisa jadi berkaitan dengan teori abad kekosongan.

5. Kehadiran Im-Sama

Selama ini, puncak tertinggi kekuasaan dunia digambarkan dikuasai oleh lima tetua yang ada di Mariejois. Namun ternyata seiring perkembangan cerita, lima tetua itu berlutut di hadapan sosok bernama Im-Sama.

Im-Sama juga diketahui menyimpan topi jerami berukuran besar di Mariejois. Sosok Im-Sama kini mulai banyak diyakini sebagai musuh utama One Piece di akhir cerita.

(ptr/has)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here