Asal-usul Pemberian Nama Alien untuk Makhluk Luar Angkasa

0
13

RubrikIndonesia – Makhluk asing atau luar angkasa, yang dikenal dengan sebutan alien, menurut teori konspirasi adalah awak dari Unidentified Flying Object atau UFO. Beberapa orang percaya mengenai kehadiran mereka, namun ada juga yang tidak percaya.

Lantas, bagaimana asal-usul pemberian nama alien untuk makhluk luar angkasa ini? Salah satu pengguna Quora bernama Ravindran S, menjelaskan bahwa alien merupakan kata dasar dari bahasa Tamil.

Baca: Piringan Raksasa Pencari Alien Lenyap dari Bumi

“Alien mengacu kepada orang asing. Orang asing ‘dari Tamil’ atau milik orang lain. Bukan milik sendiri, asing, aneh,” kata dia, dikutip dari Quora pada Jumat, 4 Desember 2020. Ia mengungkapkan ‘Al’ adalah kata negasi milik Tamil yang digunakan untuk menyangkal atau mengingkari suatu pernyataan, tindakan, atau posisi.

Padanan terdekat dalam bahasa Inggris adalah ‘not’, sehingga ‘Al’ memiliki arti tidak atau tidak ada. Namun, ada banyak kata yang mirip berakar dari AL ini, seperti al, alla, allathu dan allavai, yang digunakan untuk pengganti atau, lain, lain-lain, berbeda, dan pengertian negatif.

Dalam bahasa Tamil, waria atau wanita pria disebut ‘Ali’, karena mereka dianggap asing dari manusia normal. Sebutan ini mengacu pada seorang transgender, tidak mengacu pada jenis kelamin pria maupun wanita.

Kemudian, ‘al+iyan’ atau ‘alian’ hingga menjadi ‘alien’. Iyan sendiri artinya alami, manusia normal, sehingga jika disatukan memiliki pengertian ‘bukan manusia’.

Kata-kata ‘Al’ kemudian berevolusi dengan awalan yang sama, seperti ‘al+sence’ menjadi no+sence, ‘al+tom’ menjadi not+to cut atau sesuatu yang tidak dapat dibagi.

Tapi, menurut pengguna Sandhya Ramesh, alien berasal dari bahasa Prancis kuno yang berarti asing. Alien turunan dari bahasa Latin ‘alienus’ yang berarti lainnya atau lain.

Kata tersebut berasal dari akar kata ‘alius’ yang dapat ditelusuri kembali ke ‘alyos’, dalam bahasa PIE (rumpun Indonesia-Eropa) yang merupakan induk dari kata ‘alias’ yang berarti identitas atau nama alternatif dan ‘alia’ dari ‘inter alia’ yang berarti antara lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here