Jakarta, Rubrik Indonesia — Ayah juara dunia¬†UFC Khabib Nurmagomedov, Abdulmanap, diklaim telat mendapat perawatan sebelum mengalami koma karena masalah jantung dan virus corona.

Presiden Mixed Martial Arts (MMA) Rusia Kamil Gadzhiev yakin Abdulmanap tidak harus mengalami koma seperti saat ini jika mendapat perawatan yang serius sejak kali pertama sakit di Dagestan.

Gadzhiev mengklaim Abdulmanap koma karena publik di Dagestan awalnya tidak menganggap serius pandemi virus corona.
“Kami berbicara ketika dia sakit di Dagestan. Abdulmanap tidak benar-benar mendapat perawatan medis selama sepuluh hari. Kenapa mereka tidak membantu? Mungkin mereka tidak mengerti ini adalah Covid. Mungkin tidak ada persiapan yang benar,” ujar Gadzhiev dikutip dari RT.




“Ketika kami berbicara, risiko virus corona belum benar-benar diketahui, terlebih di Dagestan. Mereka belum siap dengan virus corona. Kenapa dia terinfeksi? Mungkin karena ada acara massal, bisa pernikahan atau pemakaman,” sambung Gadzhiev.

Gadzhiev kemudian mengatakan kondisi Dagestan terus memburuk karena virus corona. Gadzhiev menganggap hampir tidak ada orang di Dagestan yang terbebas dari Covid-19.

[Gambas:Video CNN]
“Abdulmanap adalah orang yang berbicara banyak mengenai virus corona di Dagestan secara keseluruhan. Orang-orang tidak mendapatkan perawatan yang benar. Hampir tidak ada orang lagi di Dagestan yang tidak terkena virus corona,” ucap Gadzhiev.

“Ini bukan kesalahan dokter. Secara umum, saya tidak menyalahkan siapapun. Saya hanya mengatakan orang-orang di negara ini tidak serius dalam menghadapi virus corona. Apa yang menimpa Abdulmanap adalah hasil dari [ketidakseriusan] ini, sangat disayangkan,” ujar Gadzhiev.

Gadzhiev juga memastikan kondisi Abdulmanap masih kritis meski stabil. Abdulmanap kini mendapat perawatan medis di rumah sakit di Moskow.

“Belum ada perubahan berarti,” ucap Gadzhiev. (har)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here