Besok Pemerintah Putuskan Nasib KLB Moeldoko

0
73
Demokrat AHY vs KLB Moeldoko

Jakarta, RubrikIndonesia – Pemerintah besok akan mengumumkan nasib dari Kongres Luar Biasa (KLB) Moeldoko. Tentunya ini merupakan babak baru kisruh Partai Demokrat antara kubu Cikeas dengan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Ketua Umum dengan kubu KLB dengan ketum Moeldoko.

Pemerintah melalui Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD bersama Menkumham Yasonna Hamonangan Laoly dijadwalkan akan ‘mengumumkan’ hasil ‘perselisihan’ yang disampaikan kedua kubu pada Rabu 31 Maret besok.

“Terkait dengan perkembangan Partai Demokrat terkini, Menkopolhukam dan Menkumham didampingi Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum (AHU) Kementerian Hukum dan HAM akan mengadakan Press Conference secara virtual,” bunyi undangan konferensi pers jurnalis, Selasa (30/3).

Sebelumnya, kubu AHY telah mendatangi kantor kemenkumham untuk melaporkan kegiatan KLB PD di Sibolangit, Sumatera Utara. Saat itu, AHY menyatakan menolak pelaksanaan KLB karena berbagai pertimbangan salah satunya karena peserta KLB bukan dari pengurus PD yang memiliki suara sah dan tak sesuai dengan AD/ART partai. Bahkan kubu AHY menganggap KLB dan kepengurusan Moeldoko abal-abal.

Sementara itu, kubu Moeldoko telah menyerahkan susunan kepengurusan dan hasil KLB ke Kemenkumham, meski sempat diminta untuk melengkapi dokumen mereka, melalui juru bicaranya, Muhammad Rahmad, kubu Moeldoko percaya bahwa kepengurusan KLB bakal diterima dan disahkan Kemenkumham.

Namun Menko Polhukam Mahfud MD sudah memberi sinyal bahwa Demokrat yang sah adalah kubu AHY. Dirinya menegaskan pemerintah dalam hal ini netral dan akan menilai sesuaidengan undang-undang Ppartai politik dan AD/ART partai Demokrat yang berlaku yakni yang sudah disahkan oelh kemnkumham tahun 2020.

AD/ART yang disahkan oleh Kemenkumham sendiri Partai Demokrat yang sah dengan Ketua Umum AHY dan ketua Majelis Tinggi Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Mahfud pun menegaskan dirinya sudah bicara dengan Menkumham tentang perkembangan kisruh Partai Demokrat. Menurutnya, Yasonna mengatakan akan berpegang pada aturan yang sah sesuai dengan AD/ART yang ada di pemerintah saat ini.

Hampir dipastikan KLB Moeldoko tidak akan disahkan oleh pemerintah dan AHY akan tetap menjadi Ketua umum Partai Demokrat yang sah. Lalu bagaimana dengan nasib dari Moeldoko yang merupakan kepala Staf Presiden dan seorang Jenderal namun gagal merebut kepemimpinan dari AHY. (MS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here