Blunder Wamendes Fitnah Demokrat, Pengamat Nilai Budi Rugikan Jokowi

0
23
wamendes blunder

Jakarta, RubrikIndonesia – Wakil Menteri Desa (Wamendes), Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Budi Arie Setiadi membuat radang Partai Demokrat karena mengunggah flyer digital yang menggambarkan seolah partai tersebut menjadi biang kerusuhan di balik rencana aksi unjuk rasa baru-baru ini.

Apa yang dilakukan Wamendes Budi tersebut dianggap sebagai kerugian bagi Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pengamat Kebijakan Publik Trubus Rahadiansyah mengatakan, tindakan Budi tersebut dinilainya seolah memiliki resiko yang besar apalagi ia masuk ke dalam lingkaran pemerintahan Jokowi.

Namun di samping besarnya resiko tersebut, justru ada kerugian yang dihasilkan. Kerugian itu jelas harus diterima Jokowi sebagai pemimpin kabinet.

“Ya enggak ada untungnya malah costnya terlalu besar kan menjatuhkan citra Jokowi sendiri menjatuhkan kabinet, menunjukkan di kabinet sendiri enggak kompak,” kata Trubus, Senin (26/7/2021).

Sibuk dengan kepentingan politik masing-masing bukan menjadi hal baru yang diperlihatkan oleh pihak yang berada di sekeliling Jokowi. Trubus menganggap hal tersebut justru berpengaruh negatif bagi pemerintahan Jokowi karena seolah tidak menunjukkan adanya kekompakan apalagi di tengah pandemi Covid-19.

“Jadi memang ini kelemahan kabinet ini jadi mereka jalan sendiri-sendiri tidak fokuskan perosalan bagaimana kita menghadapi pandemi Covid-19 ini, harusnya lebih fokus bagaimana menyelesaikan, bagaimana membantu solusi masyarakat lagi susah. Tapi mereka-mereka masih berpikir politis terus,” ungkapnya.

Sebelumnya, Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Budi Arie Setiadi mengunggah sebuah flyer digital yang membuat Partai Demokrat geram. Flyer yang dimaksud menggambarkan Partai Demokrat menjadi dalang dibalik rencana kerusuhan di tengah pandemi Covid-19.

Flyer itu diunggahnya melalui akun Facebook resminya bernama Budi Arie Setiadi pada Jumat (24/7/2021). Ia pun menganggap lucu pada flyer yang diunggahnya tersebut.

“Dapat flyer lucu nih,” ujar Budi seperti dikutip Suara.com, Senin (26/7/2021).

Flyer itu menganggung gambar serta pesan. Adapun pesan yang ditulis ialah ‘pakai tangan adik-adik mahasiswa lagi untuk kepentingan syahwat berkuasanya’.
Tulisan itu juga didukung dengan tagar #bongkarbiangrusuh.

Kemudian gambar yang terlihat menampakkan satu tangan di mana terdapat tulisan demokrasi. Akan tetapi pada unggahan Budi, bagian ‘si’ pada kata demokrasi justru diubah dengan huruf T.

Unggahan Budi tersebut lantas membuat Partai Demokrat menjadi emosi. Kepala Badan Komunikasi Strategis/Koordinator Juru Bicara DPP Partai Demoktrat Herzaky Mahendra Putra menyoroti keberadaan tagar #BongkarBiangRusuh yang meletakan kata Demokrat di bawahnya.

“Sangat tegas dan jelas, Budi Arie Setiadi telah berusaha memfitnah Partai Demokrat sebagai biang rusuh dan menggunakan tangan adik-adik mahasiswa untuk kepentingan syahwat berkuasa,” kata Herzaky kepada wartawan, Minggu (25/7/2021).(MS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here