Jakarta, Rubrik Indonesia —

VP Corporate Communication PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) Anne Purba mengatakan pihaknya telah menambah jumlah perjalanan kereta listrik (KRL) Commuterline mulai 1 Agustus 2020.

Langkah ini dilakukan sebagai antisipasi kepadatan penumpang di masa pandemi Covid-19.

“PT Kereta Commuter Indonesia kembali menambah jumlah perjalanan KRL untuk memaksimalkan upaya menjaga jarak dan jumlah pengguna,” kata Anne lewat keterangan tertulisnya, Jumat (31/7).

Tambahan perjalanan KRL Commuterline per 1 Agustus 2020 ini terdiri dari:

– KLB Parungpanjang – Tigaraksa yang berangkat pukul 03:05 WIB,
– KLB Tigaraksa – Tanah Abang berangkat 04:15 WIB,
– KA 1920 Tanah Abang – Rangkasbitung berangkat 05:45 WIB,
– KA 1973 Rangkasbitung – Tanah Abang berangkat 08:00 WIB, dan
– KLB Tanah Abang – Parungpanjang berangkat 10:05 WIB.

Jumlah pengguna KRL yang bisa diangkut sesuai dengan kapasitas yang diizinkan yaitu 74 orang per kereta. Hal itu dilakukan supaya setiap orang bisa menjaga jarak 1-2 meter untuk mencegah penyebaran Covid-19. 

Lebih lanjut, Anne mengatakan per 1 Agustus nanti PT KCI mengoperasikan sebanyak 971 perjalanan setip harinya. Ia berharap dengan penambahan jumlah perjalanan dapat mengakomodir penambahan jumlah pengguna KRL setiap pekannya. 

“Penambahan ini juga diharapkan dapat mengakomodir penambahan jumlah pengguna yang terjadi setiap pekannya pada periode PSBB Transisi ini,” ucap Anne.

Anne juga menyebut PT KCI telah melakukan protokol kesehatan yang ketat selama masa pandemi ini. Hal itu dibuktikan dengan tindakan pengecekan suhu tubuh saat akan masuk stasiun, pengguna KRL juga diwajibkan menggunakan masker, dan mencuci tangan setelah menggunakan KRL. 

Petugas juga disiagakan untuk mengawasi pengguna KRL agar saling menjaga jarak dan mematuhi protokol kesehatan.

“Pembatasan dilakukan menyesuaikan dengan kondisi kepadatan pengguna melalui antrian penyekatan di beberapa zona stasiun sebelum masuk ke peron,” pungkasnya.

(mel/eks)

[Gambas:Video CNN]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here