Dahsyatnya Puasa untuk Pengidap Autoimun

0
2

RubrikIndonesia – Memasuki bulan Ramadhan, tentu puasa menjadi aktivitas utama yang dijalankan umat Muslim. Selain sebagai bentuk ibadah, puasa juga berkhasiat bagi kesehatan. Salah satunya memberikan efek pada regenerasi sel. Nah, efek ini akan terjadi secara alami, atau dikenal dengan sebutan autophagy.

Autophagy pertama kali diperkenalkan oleh ilmuwan Jepang yang meraih penghargaan Nobel Kesehatan dan Kedokteran pada 2016, Yoshinori Ohsumi. Dilansir dari Medical News Today, Sabtu, 17 April 2021, autophagy merupakan reaksi normal sel imunitas tubuh, untuk memakan sel-sel yang berpotensi menjadi sel-sel penyakit.

Baca: Drone Bikinan China Mendarat di Indonesia, Bongkar Isi Dapurnya

Autophagy berasal dari kata auto yang artinya sendiri dan phagy yang memiliki arti makan. Dengan begitu, autophagy dipercaya memainkan peran penting dalam sistem kekebalan tubuh dengan cara membersihkan racun dan agen infeksi di dalam tubuh secara alami.

Penelitian membuktikan autophagy dapat meningkatkan prospek sel dalam menghadapi infeksi penyakit menular dan neurodegeneratif dengan cara mengendalikan peradangan. Selain itu, autophagy juga diyakini dapat membantu melindungi sel dari masuknya mikroba ke dalam tubuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here