Bandung, Rubrik Indonesia —

Satu regu petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) kota Bandung diturunkan untuk mengevakuasi sapi kurban yang stres terjebak di dalam parit selama tiga jam.

Wakil Komandan Pleton 3 Diskar PB Kota Bandung Dadang Rahmat mengatakan pihaknya menerima laporan bahwa seekor sapi terperosok ke dalam pari sekitar pukul 13.30 WIB melalui 022-113.

“Tim Diskar PB Kota Bandung mendapatkan informasi dari DKM ada sapi yang baru datang dari perjalanan. Saat mau dibawa ke masjid, sapi tersebut menceburkan diri ke dalam parit,” ucap Dadang di Bandung, Jumat (31/7).

“Evakuasi memang cukup lama karena sulit mengevakuasi sapi. Bersama warga bikin tangga untuk menaikkan sapi. Tadinya kalau tidak naik sapi akan dipotong di tempat. Tapi sekitar pukul 16.35 WIB sudah berhasil dievakuasi.”

Namun petugas damkar tidak bisa menjangkau lokasi kejadian yang berada di gang sempit di Jalan Palm, Kelurahan Sekeloa, Coblong, Kota Bandung.Proses evakuasi kemudian beralih secara manual menggunakan tumpukan papan dan tangga darurat dibantu oleh petugas damkar dan warga setempat.

“Kita sudah bawa alat rescue seperti tripod, tali webbing. Ada delapan orang yang diturunkan. Karena lokasinya sempit jadi lumayan sulit evakuasinya,” kata petugas Damkar, Reza.

Sebelum meminta bantuan damkar, warga sempat mengejar sapi jantan jenis simental tersebut sebelum meluncur ke parit sedalam 2,5 meter.

Dadang menduga sapi kurban itu mengalami stress setelah menempuh perjalanan jauh menuju lokasi penyembelihan. Ditambah sapi kian terganggu saat dikelilingi anak-anak yang hendak melihat sapi berbobot 800 kilogram tersebut.

“Jadi pas turun dari mobil, sapi itu panik. Di saat itu sedang banyak anak-anak menonton dan sapi langsung kabur sejauh 150 meter,” jelasnya.

(hyg)

[Gambas:Video CNN]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here