Jakarta, Rubrik Indonesia — Bioskop Korea Selatan mulai bangkit setelah mati suri akibat pandemi virus corona Covid-19. Jumlah pengunjung bioskop pada pekan lalu meningkat dua kali lipat dibandingkan satu pekan sebelumnya.

Jumlah pengunjung bioskop Korea Selatan mencapai 316.929 pada Sabtu (6/6) hingga Minggu (7/6). Melansir data Dewan Perfilman Korea (KOFIC), seluruh bioskop di Negeri Gingseng itu hanya menjual 152.284 tiket pada pekan sebelumnya.

Tak hanya itu, rata-rata jumlah penonton bioskop sejak Kamis-Minggu pekan lalu mencapai 84 ribu per hari dan menjadi yang tertinggi sejak virus corona dinyatakan sebagai pandemi pada Maret 2020.
Lonjakan penjualan tiket terjadi setelah pemerintah melalui KOFIC menyuntikkan dana 17 miliar won atau sekitar Rp199,3 miliar (1 won=Rp11,72) untuk membantu industri perfilman lokal.

Dana itu kemudian digunakan untuk memberikan potongan 6 ribu won atau sekitar Rp70 ribu per satu tiket nonton mulai Kamis (4/6). Biasanya, satu tiket nonton di Korea dijual 12 ribu won atau sekitar Rp140 ribu.

Diskon berlaku di tiga jaringan bioskop terbesar Korea, yakni CGV, Megabox, dan Lotte Cinema. KOFIC juga memberikan bantuan kepada bioskop-bioskop kecil serta independen.

Invader, film terbaru Song Ji-hyo, langsung menguasai box office lokal sejak tayang pada Kamis (4/6). Film tersebut telah menjual lebih dari 288.819 tiket dalam empat hari penayangan.

Kantor berita Yonhap melaporkan industri perfilman Korea Selatan kini tengah bersiap bangkit jelang musim panas yang menjadi waktu penting bagi mereka.

Beberapa film baru sudah dipersiapkan untuk meramaikan musim panas, salah satunya adalah sekuel film Train to Busan, Peninsula. Film yang masih disutradarai Yeon Sang-ho ini akan tayang pada awal Juli dan juga meramaikan Cannes Film Festival 2020.

Selain itu, film terbaru Song Joong-ki dan Kim Tae-ri yakni Space Sweepers, serta film laga Deliver Us From Evil yang disutradarai Hong Won-chan juga akan tayang pada musim panas. Film lokal baru bertabur bintang seperti #ALIVE yang akan dibintangi Park Shin-hye dan Yoo Ah-in juga bakal tayang dalam waktu dekat. (chri/end)

[Gambas:Video CNN]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here