Jakarta, Rubrik Indonesia —

Startup besutan Elon Musk, Neuralink dikabarkan sedang mengembangkan cip yang bisa ditanam di otak.

Dengan teknologi ini, pengguna bisa memutar musik langsung ke otak. Selain itu, chip ini juga bisa digunakan untuk membantu mengontrol kadar hormon dan menggunakannya untuk keuntungan kita, seperti peningkatan kemampuan dan penalaran, menghilangkan kecemasan, dan lain-lain.

Pemimpin SpaceX dan Tesla tersebut dijadwalkan untuk mengungkap informasi terbaru soal Neuralink pada bulan depan. Namun ia di Twitter sering membocorkan sedikit demi sedikit informasi tersebut.

Dilansir dari Digital Trend, Musk memberikan jawaban tersebut lewat percakapan dengan pengguna Twitter. Seorang pengguna Twitter bertanya  apakah Neuralink bisa memutar lagu saat digunakan.

Menurut Musk, penanaman chip ke otak mereka akan melalui proses yang mirip dengan operasi mata laser Lasik.

Dilansir dari The Independent, salah satu bagian dari chip akan melibatkan robot bedah saraf, yang akan menempatkan ‘benang’ fleksibel ke otak yang terhubung ke chip komputer kecil yang ditanamkan. 

Musk juga telah memberikan informasi kunci terkait teknologi-teknologi yang dapat dilakukan di chip Neuralink.

Dia menjawab kepada pengguna Twitter lain bahwa chip Neuralink akan dapat menghentikan penembakan cepat dalam jaringan saraf untuk pasien dengan gangguan obsesif-kompulsif.

Dia juga telah mengonfirmasi bahwa chip tersebut akan dapat mengontrol kadar hormon, yang akan memiliki potensi untuk membantu menghilangkan kecemasan. 

Tujuan ambisius Musk untuk Neuralink adalah untuk membantu mengobati gangguan otak, menjaga dan meningkatkan otak manusia, dan akhirnya menggabungkan manusia dengan kecerdasan buatan. 

(jnp/eks)

[Gambas:Video CNN]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here