Jakarta, Rubrik Indonesia —

Negara adidaya Amerika Serikat (AS) punya sejumlah kapal induk yang dilengkapi peralatan perang. Kapal-kapal itu juga bisa mengangkut pesawat dan helikopter ketika dibutuhkan untuk perang di udara.

Kapal induk kelas Nimitz AS yang cukup populer adalah USS Nimitz dan USS Ronald Reagan. Kapal ini bahkan sempat mengikuti latihan gabungan bersama kapal Angkatan Laut India di Selat Malaka. Latihan ini dilakukan ketika dua negara itu bersitegang dengan China.

Sejumlah fakta menyebutkan kapal-kapal itu cukup ditakuti sejumlah negara karena kemampuannya dinilai bisa menembus pertahanan musuh. Apa saja alasan kapal induk Nimitz AS sampai harus ditakuti. Berikut lima fakta kapal induk Nimitz AS.

1. Kapal induk terbesar dari 1975 hingga 2017

Dilansir dari Naval Technology, Selasa (22/7) kapal induk kelas Nimitz adalah kapal perang terbesar yang pernah dibangun sampai kapal induk kelas Gerald R Ford, USS Gerarld R Ford ditugaskan pada 2017.

Kapal memiliki karakteristik umum berat kapal total pada saat garis air penuh (displacement) 102 ribu ton dan panjang dek landasan udara hingga 332,9 meter. Ditenagai dengan reaktor nuklir, kapal bisa melaju hingga 30 knot atau 56 km per jam.

Kapal dengan lebar (beam) 40,8 meter itu dioperasikan oleh 3,184 kru kapal. Selain itu, kapal itu juga dapat menampung kru pesawat sebanyak 2,800.

2. Kapal induk Nimitz punya 9 Saudara

Kapal induk pertama dari kelas Nimitz adalah USS Nimitz yang ditugaskan pada 1975. Kapal terakhir dari keluarga kelas Nimitz adalah USS George HW Bush yang ditugaskan pada Januari 2009.

USS Dwight D Eisenhower (CVN 69) yang ditugaskan pada October 1977, USS Carl Vinson (CVN 70) Maret 1982, USS Theodore Roosevelt (CVN 71) Oktober 1986; USS Abraham Lincoln (CVN 72) November 1989, USS George Washington (CVN 73), Juli 1992, USS John C Stennis (CVN 74) Desember 1995, USS Harry S Truman (CVN 75) Juli 1998, dan USS Ronald Reagan (CVN 76) Juli 2003.

Ketiga kapal induk Amerika Serikat yang bergerak ke Laut China Selatan (LCS) adalah USS Nimitz, USS Theodore Roosevelt, dan USS Ronald Reagan.

3. Persenjataan kapal

Kapal induk yang baru dibangun dilengkapi tiga peluncur Raytheon GMLS mk29 eight-cell launchers for Nato Sea Sparrow surface-to-air missiles. Sea Sparrow memiliki jangkauan 14,5km dan panduan terminal radar semi-aktif.

Kapal induk juga dilengkapi dengan sistem Raytheon RAM (rolling airframe missile), yang memberikan pertahanan jarak pendek terhadap rudal anti-kapal, termasuk rudal penjelajah laut.

USS Stennis dilengkapi dengan RAM pada tahun 2005 dan mulai uji coba sistem pada Juni 2006. USS John C Stennis adalah pembawa pertama yang menembakkan rudal terbaru Sea Sparrow (ESSM)i pada Oktober 2008.

Kapal induk kelas Nimitz juga dibekali dengan senjata anti pesawat udara. Ada empat sistem senjata Mk 15 Raytheon / General Dynamics 20mm Phalanx yang memiliki laju tembakan 3 ribu peluru per menit dan jangkauan 1,5 km.

4. Kapal dapat menampung 82 pesawat

Tiga kapal induk yang berlayar di sekitar LCS adalah USS Nimitz, USS Theodore Roosevelt, dan USS Ronald Reagan. Masing-masing kapal induk itu dilengkapi persenjataan canggih untuk menghancurkan musuh-musuhnya

Kapal bisa menampung hingga 82 kapal. Biasanya 82 kapal ini terdiri dari 12 F/A-18E/F Hornets, 36 F/A-18 Hornets, four E-2C Hawkeyes dan empat EA-6B Prowlers fixed-wing dan enam helikopter, yaitu empat SH-60F dan dua HH-60H Seahawks.

5. Kapal veteran perang

Mengabdi sejak 1975, kapal induk kelas Nimitz telah mengikuti berbagai operasi militer Amerika Serikat dan konflik. Dikutip dari Military, kapal telah menjalani Operasi Eagle Claw di Iran, Perang Teluk, dan baru baru ini operasi di Iraq dan Afghanistan.

(jnp/mik)

[Gambas:Video CNN]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here