Jakarta, Rubrik Indonesia —

Bak kisah cinta kepada pasangan dan keluarga, hubungan persahabatan juga dapat membuat Anda memahami betapa indahnya hidup dilalui bersama orang dekat yang disayang.

Memiliki sahabat yang rukun dan awet membuktikan bahwa jalinan ini butuh waktu dan upaya besar untuk mempertahankannya. Hal ini juga menginspirasi para sineas untuk memproduksi film tentang persahabatan untuk mengingatkan pentingnya kehadiran sahabat dalam hidup.

Berikut Rubrikindonesia.com beri rekomendasi film tentang persahabatan, mulai dari genre komedi hingga yang bisa menyentuh perasaan.

1. Dumb and Dumber (1994)




Film Dumb and Dumber adalah film tentang persahabatan antara teman sekamar yang sama-sama menghadapi masalah hidup.  Foto: Photo courtesy of Universal Pictures

Bercerita tentang dua sekawan Lloyd Natal (Jim Carrey) dan Harry Dune (Jeff Daniels) yang tinggal satu kamar di sebuah daerah bernama Providence. Mereka sedang berjuang dengan hidupnya masing-masing.

Lloyd merupakan seorang supir limosin, sementara Harry dikisahkan sebagai seorang yang baru saja dipecat dari pekerjaannya.

Satu hari Lloyd bertemu dengan Marry yang menggunakan jasanya untuk pergi ke bandara, sejak saat itu Lloyd langsung jatuh cinta pada Marry.

Marry secara sengaja meninggalkan koper di terminal yang ternyata berisi uang untuk menebus suaminya yang diculik. Lloyd yang polos tidak tahu akan hal itu mencoba mengembalikan tas Marry, namun sayang pesawat yang ditumpangi Marry telah terbang.

Lloyd kemudian membawa pulang tas tersebut dan berjanji akan mengembalikannya suatu hari pada Marry. Lloyd dan Hary akhirnya memutuskan untuk berkeliling dunia mencari Marry dan mengembalikan tasnya.

Namun dalam perjalanan, mereka malah diintai oleh orang lain Joe Mentalino (Mike Starr) dan JP Shay (Karen Duffy) yang merupakan penculik dari suami Mary yang menginginkan tas tersebut.

2. The Hangover (2009)




The Hangover (2009)The Hangover adalah film tentang persahabatan 4 sekawan yang berlaku konyol saat pesta lajang Doug di Las Vegas. Foto: Warner Bros via Imdb

Film komedi barat yang satu ini berkisah soal kekonyolan empat sekawan yang sudah bersahabat sejak lama, yaitu Phil (Bradley Cooper), Stu (Ed Helms), Alan (Zach Galifianakis) dan Doug (Justin Bartha).

Kisah bermula saat Doug akan menikah dan tiga sahabatnya kemudian merancang sebuah pesta lajang untuknya pada sebuah club di Las Vegas.

Singkat cerita empat sekawan itu tiba di club tersebut dan mulai menenggak alkohol serta menggunakan obat-obatan terlarang.

Sebab mabuk dan terpengaruh obat mereka berempat kemudian kerap terjebak dalam situasi yang konyol dengan kondisi tidak sadar.

Malam itu pun penuh kekonyolan, selepas itu mereka tertidur, namun sialnya setelah bangun mereka benar-benar malu dan tidak tahu semua hal yang telah mereka lakukan.

Pada 2010, sebab kepiawaian dan kekonyolan empat sahabat tersebut, film The Hangover diganjar dengan penghargaan Golden Globe untuk best motion picture, dan masih pada tahun yang sama masuk dalam nominasi BAFTA Awards untuk kategori Best Screenplay-original.

3. The Intouchables (2011)

[Gambas:Youtube]

The Intouchables adalah film yang menjadi box office terbesar kedua di Prancis. Saking suksesnya, The Intouchables menerima beberapa nominasi penghargaan.

Film ini terinspirasi dari kisah nyata Philippe Pozzo dan pengasuhnya Abdel Sellou yang merupakan peranakan Prancis-Aljazair, dalam film dokumenter berjudul À la vie, à la mort (sehidup semati).

Keseluruhan film ini mengisahkan Phillipe yang mengalami kecelakaan saat tengah menjajal olahraga paragliding. Akibatnya, ia lumpuh pada tubuhnya dari leher ke bawah pada tahun 1993, tiga tahun kemudian istrinya meninggal karena sakit.

Hal itu membuat Phillipe yang diperankan oleh François Cluzet terpaksa mencari asisten rumah tangga pribadi untuknya.

Seorang pria kulit hitam bernama Driss (Omar Sy) sengaja mendaftar meski tidak serius. Anehnya, dari sekian pendaftar asisten pribadi untuknya yang memiliki klasifikasi baik, Phillipe malah tertarik dengan tingkah laku eks napi yang seenaknya itu.

Pada akhirnya, The Intouchables menawarkan kisah mengenai bromance yang terjalin antara majikan dan pekerjanya, dengan latar belakang yang jauh berbeda.

Phillipe mampu tertawa dan kembali ‘hidup’ usai bertemu Driss yang sangat memiliki kepribadian periang dan gokil. Mereka kerap menghabiskan waktu bersama seperti seorang sahabat lama.

4. The Breakfast Club (1985)

[Gambas:Youtube]

Kisah film tentang persahabatan satu ini berawal pada sebuah Sabtu pagi. Saat itu ada lima siswa SMA yang harus menjalani hukuman di sekolah kala siswa lainnya sedang liburan akhir pekan.

Mereka adalah John Bender (Judd Nelson), Claire Standish (Molly Ringwald), Andrew Clark (Emilio Esteves), Brian Johnson (Anthony Michael), dan Allison Reynolds (Ally Sheedy).

Dalam menjalani hukuman tersebut mereka diawasi langsung oleh Kepala Sekolah. Adapun hukuman yang sedang mereka jalani saat itu adalah menulis artikel dengan jumlah kata sebanyak 1.000.

Pertemuan di perpustakaan itu sekaligus menjadi pertemuan pertama mereka. Awalnya mereka tidak akur, namun seiring berjalannya cerita, mereka akan semakin dekat satu sama lain. Film yang disutradarai John Hughes ini akan menampilkan karakter masing-masing siswa tersebut.

Claire akan digambarkan sebagai puteri, Andrew seorang atlet, John seorang penjahat, Brian seorang otak, dan Allison adalah sebuah keranjang. Dapat disaksikan kembali di streaming film online seperti Netflix.

5. 50/50 (2011)

[Gambas:Youtube]

Satu waktu Adam Lerner (Joseph Gordon Levvit), seorang jurnalis radio yang sudah berumur 27 tahun didiagnosa mengidap kanker langka. Dia pun rutin melakukan kegiatan-kegiatan barunya, kemoterapi hingga bertemu terapis.

Selama melakukan itu semua Adam hanya mendapatkan dukungan dari sahabatnya, Kyle (Seth Rogen) dan pacarnya, Rachel (Bryce Dallas Howard). Di sisi lain ayahnya Adam juga sudah lama mengidap demensia.

Melalui informasi yang didapat dari Internet, Adam mengetahui bahwa kemungkinan hidupnya 50:50 dengan melakukan operasi pengangkatan tumor. Mengidap sebuah penyakit mematikan bukanlah hal yang mudah bagi Adam.

Sejak didiagnosa mengidap kanker langka Adam mulai kesulitan mengungkapkan semua perasaan yang terpendam dalam hatinya, bahkan pada terapisnya yang bernama Katherine (Anna Kendrick). Hal itu sempat membuat hubungan keduanya sulit pada awal cerita.

Hidup Adam semakin terpuruk setelah mengetahui bahwa pacarnya selingkuh. Pikirannya semakin melayang, seakan enggan menjalani kehidupan. Namun beruntung dia masih punya Kyle yang selalu hadir dalam susah maupun senang.

6. Bridesmaids (2011)

[Gambas:Youtube]

Bridesmaid menceritakan persaingan antara pendamping pengantin wanita dan pengiring pengantin. Mereka bersaing tentang siapa sahabat sejati pengantin wanita sebenarnya.

Hal ini menjadi lucu karena terjadi pada hubungan antara wanita dewasa. Kisah dimulai ketika Annie (Kristen Wiig) yang hidupnya berantakan saat dia membantu merencanakan pernikahan sahabatnya Lillian (Maya Rudolph).

Dia diam-diam berharap menjadi ‘maid of honor’ namun merasa tersaingi oleh kehadiran Helen (Rose Bryrne) wanita kaya yang juga merupakan istri dari pengantin pria, yang mencoba mencuri perhatian sebagai teman baru Lillian.

7. Only The Brave (2017)

[Gambas:Youtube]

Only The Brave mengambil latar waktu tahun 2013. Waktu itu terjadi tragedi besar kebakaran hutan di Amerika Serikat. Bahkan untuk memadamkan api, petugas pemadam kebakaran setempat sampai mengerahkan 200 personel.

Beberapa di antara personel itu adalah orang-orang yang saat masuk dinas pemadam kebakaran tidak meyakinkan. Bahkan tidak sedikit orang-orang yang meragukan kemampuan mereka.

Perlahan tapi pasti, berkat bimbingan sang ketua mereka mulai hebat hingga akhirnya dipercaya menjadi satu regu memadamkan kebakaran hutan. Satu regu itu terdiri atas 20 orang, yang kemudian mereka mulai saling akrab satu sama lain.

Singkat cerita tim pemadam ini mulai memadamkan kobaran api. Bukannya padam malah makin berkobar dan meluas. Alhasil 19 dari 20 orang dalam regu tersebut dilalap si jago merah dan meninggal dunia.

Film tentang persahabatan satu ini rilis pertama kali 20 Oktober 2017 dan tidak sedikit mendapat ulasan baik dari para kritikus film.

(ndn/fef)

[Gambas:Video CNN]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here