Jakarta, Rubrik Indonesia —

Layanan konferensi video populer, Google Meet merilis sejumlah fitur baru. Salah satunya pengguna dapat mengganti latar belakang tempat saat mereka menghadiri sebuah acara atau rapat online.

Lalu ada juga fitur Hand Raising yang juga sudah diadaptasi oleh kompetitor mereka yakni Zoom.

“Dalam beberapa bulan mendatang, kami akan memudahkan pengaburan latar belakang Anda atau menggantinya dengan gambar pilihan sendiri,” kata Google dikutip Financial Express.

Lebih lanjut kata Google, pihaknya juga berencana untuk menambahkan 49 dari 16 peserta yang menggunakan fitur panggilan video.

Berikut penjelasan singkat enam fitur baru Google Meet yang dikutip 9to5google:

1. Hand Raising

Fitur ini digunakan ketika pengguna memiliki pertanyaan atau ada sesuatu yang mereka ingin ungkapkan. Hand Raising pastinya sudah sangat akrab oleh para pengguna Zoom.

2. Meeting Attendance

Fitur Meeting Attendance memungkinkan host atau seseorang yang ditunjuk sebagai penyelenggara, mengetahui dengan pasti siapa saja yang akan bergabung.

3. Breakout Rooms

Fitur ini dapat memudahkan host untuk memecah peserta menjadi beberapa kelompok untuk melakukan diskusi.

4. Q&A

Fitur Q&A dibuat untuk menampung pertanyaan dari para peserta acara. Fitur ini juga sudah ada lebih dulu di Zoom.

5. Polling

Pengguna juga sudah bisa menggunakan fitur polling saat acara atau rapat berlangsung. Fitur ini dinilai cukup efektif ketika penyelenggara memerlukan sebuah data ketika jumlah kehadiran yang cukup banyak sehingga hasilnya juga bisa dikumpulkan lebih cepat.

6. Peningkatan Kontrol untuk Host atau Penyelenggara

Kini penyelenggara atau host memiliki kontrol yang lebih baik dalam hal membisukan (mematikan mikrofon) pengguna.

Selama pandemi virus corona SARS-CoV-2 (Covid-19), Google melakukan sejumlah intensif salah satunya ialah pengguna G Suite dan G Suite for Education bisa menggunakan fungsionalitas Hangouts Meet premium secara gratis.

Hangouts Meet premium bisa digunakan secara gratis sejak pekan ini hingga 1 Juli 2020. Google berharap kebijakan itu dapat memudahkan orang untuk bekerja dari jarak jauh karena khawatir dengan penularan Covid-19.

Hangouts Meet premium yang digratiskan memberi kesempatan setiap individu berpartisipasi dalam pertemuan virtual dengan 250 orang dan streaming langsung hingga 100.000 pemirsa. Selain itu, pengguna dapat menyimpan rekaman pertemuan ke Google Drive secara gratis.

(din/DAL)

[Gambas:Video CNN]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here