ICW Duga Oknum KPK Upayakan Kasus Bansos Berhenti di Juliari, Madam Bansos Selamat?

0
424

RubrikIndonesia – Indonesia Corruption Watch (ICW) menduga ada pihak-pihak internal di KPK yang mencoba mengganggu upaya penyidikan kasus dugaan suap pengadaan bantuan sosial (bansos) dan berhenti pada eks Mensos Juliari Batubara.

Oleh karena itu, ICW meminta Dewan Pengawas (Dewas) KPK mengawasi penanganan kasus tersebut.

“ICW meminta kepada Dewan Pengawas untuk mengawasi secara ketat penanganan perkara ini. Jangan sampai ada upaya-upaya sistematis atau intervensi dari internal KPK yang berusaha menggagalkan kerja tim penyidik,” kata Peneliti ICW Kurnia Ramadhana, Senin (15/1).

ICW mengingatkan internal KPK, termasuk pimpinan dan pejabat lainnya untuk tidak menghambat proses dengan cara melokalisasi kasus suap ini berhenti pada Juliari saja.

“ICW mengingatkan agar jangan sampai ada oknum-oknum di internal KPK, entah itu pimpinan, deputi, atau pun direktur, yang berupaya ingin melokalisasi penanganan perkara dugaan korupsi pengadaan paket sembako di Kementerian Sosial berhenti hanya pada mantan Menteri Sosial Juliari Batubara,” kata Kurnia.

Kecurigaan ICW dikarenakan KPK terkesan enggan memanggil sejumlah pihak yang diduga mebgetahui sengkarut kasus ini.

Sebelumnya, berdasarkan laporan investigasi Koran Tempo, disebutkan ada sosok ‘Madam’ yang mempunyai peran penting dan menerima bagian dalam kasus suap bansos tersebut. Istilah ‘Madam’ mengacu pada seorang petinggi elite PDIP.

(bs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here