Ketua NU Jatim Ungkap Kekhawatiran Adanya Perpres Dana Abadi Pesantren

0
1

RubrikIndonesia –Ketua Tanfidziyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur KH Marzuki Mustamar mengungkapkan, ada potensi ketidakbaikan bisa timbul dari Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 82 Tahun 2021 tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren.

Kebijakan yang dikenal dengan Perpres Dana Abadi Pesantren yang sudah diteken Presiden Jokowi 2 September 2021. Hal itu terjadi jika terjadi keribetan pada tataran pelaksanaannya.

Keribetan dimaksud Kiai Mustamar di antaranya terkait pengurusan legalitas dan hal-hal berbau formal lainnya sebagai syarat mendapatkan bantuan dana penyelenggaraan pesantren. Bila dibuat ribet, justru hal itu tidak baik bagi para kiai atau ulama pengasuh pesantren.

“Pertama, [dampak buruknya] mengganggu proses belajar mengajar yang berdampak pada kualitas. Kedua, mental kiai itu jadi kurang baik, sedikit-sedikit mesti sowan ke pemda atau kemana-mana untuk urusan itu,” ujarnya usai menerima silaturrahim dan tasyakuran politikus DPW PKB Jatim atas disahkannya Perpres Dana Abadi Pesantren di kantor PWNU Jatim di Surabaya, Selasa, 14 September 2021.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here