Jakarta, Rubrik Indonesia —

Musisi Michael Kiwanuka menjadi pemenang Mercury Prize 2020 untuk album Inggris terbaik melalui album self-titled, Kiwanuka. Hadiah tersebut berhasil dibawa pulang setelah dua kali masuk nominasi untuk setiap albumnya yakni Home Again (2012) dan Love & Hate (2016).

“Saya amat gembira dan bersemangat. Hadiah ini untuk seni, musik, album. ini satu-satunya yang pernah saya ingin dapatkan, memenangkan Mercury adalah mimpi yang menjadi nyata,” kata Michael.

“Saya tak bisa berkata-kata. Benar-benar bersyukur atas cinta dan dukungan yang saya dapatkan. Tak ada yang bisa menggambarkannya,” cuit Kiwanuka.

Selain piala, Kiwanuka juga membawa pulang £25 ribu atau sekitar Rp475,9 juta (£1= Rp19 ribu).

Kiwanuka merupakan album yang dirilis pada November 2019 dan mengusung genre folk dan soul. Michael menyanyikan tentang kebebasan, cinta, dan perjuangan dalam album itu.

Ia turut menyinggung tentang gerakan hak-hak sipil di AS pada 1960-an. Lagu tersebut berada di posisi 2 tangga lagu Inggris dan bertahan di sana 18 minggu.

Michael Kiwanuka tak lupa berterima kasih kepada produser musiknya, Inflo dan Danger Mouse yang disebut membantunya terus berkembang hingga bisa memenangkan Mercury 2020. Ia mengungkapkan namanya dipilih menjadi judul album karena benar-benar ingin menjadi diri sendiri dalam bermusik.

“Jadi saya membuat keputusan ketika membuat album ini bahwa saya ingin menjadi diri saya sendiri, menikmatinya, dan tidak menahan, dan menunjukkan diri saya sejelas mungkin,” kata Kiwanuka seperti dilansir The Guardian.

“Saya juga ingin menyuarakan dan membanggakan warisan Afrika, sebagai putra dari orang tua imigran Uganda,” ungkapnya.

Kiwanuka merupakan salah satu musisi yang difavoritkan menjadi pemenang bersama dengan Laura Marling, Kano, dan Moses Boyd. Setelah berhasil masuk nominasi, Kiwanuka sempat mengatakan Mercury merupakan satu dari sedikit tempat yang bisa membuatnya berada di arus utama musik.

Pemenang Mercury ditentukan panel beranggotakan 12 orang, seperti musisi Anna Calvi, Jorja Smith, Jamie Cullum, dan vokalis Supergrass Gaz Coombes. Penyiar Annie Mac, Danielle Perry dan Gemma Cairney, jurnalis Phil Alexander, Tshepo Mokoena dan Will Hodgkinson, dan tokoh industri Jeff Smith dan Mike Walsh juga termasuk di dalamnya.

Penyelenggara acara harus membuat serangkaian perubahan di tengah pandemi virus corona. Mereka membatalkan acara langsung tradisional yang biasanya dilakukan dan mengumumkan pemenangnya di The One Show di BBC One, bersama Annie Mac.

Artis lain yang masuk nominasi ialah Anna Meredith, Charli XCX, Dua Lipa, Georgia, Kano, Lanterns on the Lake, Laura Marling, Moses Boyd, Porridge Radio, Sports Team dan Stormzy.

(chs/age)

[Gambas:Video CNN]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here