Miliarder Jeff Bezos dan Elon Musk Ternyata Tak Bayar Pajak

0
2

Getty Images
Pendiri Amazon, Jeff Bezos tak membayar pajak pendapatan pada 2007 dan 2011, menurut dugaan sebuah situs berita.

 

Rincian klaim pajak yang mengungkapkan betapa sedikit pajak penghasilan dari kalangan orang super kaya di Amerika Serikat bocor di sebuah situs berita.

ProPublica mengatakan rincian ini tampaknya merupakan pajak penghasilan dari sejumlah orang terkaya di dunia, termasuk Jeff Bezos, Elon Musk dan Warren Buffett.

Situs berita ini menduga pemilik Amazon, Bezos tak membayar pajak pada 2007 dan 2011, sebagaimana bos Tesla, Elon Musk yang tak membayar pada 2018.

Juru bicara Gedung Putih mengatakan, kebocoran ini “ilegal”, dan Biro Penyelidik Federal AS, FBI serta otoritas pajak sedang melakukan investigasi.

ProPublica mengatakan sedang menganalisis apa yang disebut sebagai “harta besar dari data Internal Revenue Service (IRS)” terhadap pajak para miliarder, dan akan merilisnya lebih rinci beberapa minggu ke depan.

IRS adalah layanan pendapatan internal atau badan pemerintah AS yang bertanggung jawab mengumpulkan pajak dan menegakkan hukum pajak.

Sementara itu, BBC belum dapat mengkonfirmasi klaim tersebut. Dugaan pembocoran data ini muncul di tengah perdebatan yang berkembang mengenai jumlah pajak yang dibayarkan oleh orang kaya dan kesenjangan yang meluas.

ProPublica mengatakan 25 orang kaya di Amerika membayar sedikit pajak dibandingkan dengan kebanyakan pekerja di sektor penting lain di AS. Puluhan dari mereka membayar rata-rata 15,8% dari pendapatan kotor yang disesuaikan.

Senior reporter dan editor di ProPublica, Jesse Eisinger mengatakan dalam Today Programme: “Kami cukup terkejut bahwa Anda bisa menurunkan [pajak] hingga nol, jika Anda seorang multi-miliarder. Sesungguhnya, membayar pajak pada titik nol, benar-benar membuat kamu kecewa. Orang super kaya bisa menghindari sistem dengan cara yang sepenuhnya legal.”

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here