Militer Bersihkan Pemerintahan Aung San Suu Kyi, 24 Menteri Dicopot

0
7

RubrikIndonesia – Militer Myanmar mengumumkan pembersihan pemerintahan Aung San Suu Kyi yang terpilih secara demokratis, dengan mencopot 24 orang menteri dan deputi, dan menunjuk 11 pengganti dalam pemerintahan.

Langkah ini dilakukan oleh militer Myanmar, setelah merebut kekuasaan dengan cara kudeta. Pembersihan tersebut diumumkan lewat televisi militer Myawadday.

Dilansir dari Channel News Asia, Selasa 2 Februari 2021, adapun beberapa menteri baru yang ditunjuk antara lain keuangan, kesehatan, informasi, urusan luar negeri, pertahanan, perbatasan dan dalam negeri.

Baca juga: Kutuk Kudeta Militer Myanmar, Joe Biden Ancam Beri Sanksi Berat

Militer merebut kekuasaan dalam kudeta dengan menahan Aung San Suu Kyi bersama para pemimpin lain dari Partai Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) dalam penggerebekan yang dilakukan pada dini hari Senin, 1 Februari 2021 kemarin.

Militer mengaku melakukan penahanan, sebagai tanggapan atas tuduhan kecurangan pemilu. Saat ini pemerintahan dikuasai oleh militer dan dipimpin oleh Panglima Militer Jenderal Min Aung Hlaing, yang memberlakukan keadaan darurat selama satu tahun.

Setelah pembentukan susunan kabinet baru, Min Aung Hlaing berjanji untuk mempraktikkan sistem demokrasi multi-partai yang berkembang dengan disiplin dan tulus. Dia juga menjanjikan pemilu yang bebas dan adil, serta akan menyerahkan kekuasaan kepada partai pemenang. Namun, ia tak menyebut kapan janji itu akan dibuktikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here