Jakarta, Rubrik Indonesia —

Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menggelar sayembara desain toilet untuk dipakai di Bulan dengan hadiah Rp496,2 juta (US$35 ribu; kurs Rp 14.179,21), nyaris sentuh angka Rp500 juta.

Sayembara membuat toilet ini menarik, lantaran tempat pembuangan itu mesti bisa beroperasi pada gravitasi 0 atau ‘zero-g‘ di Bulan.

NASA sengaja membuat sayembara itu untuk mendukung misi pengiriman astronaut ke Bulan pada tahun 2024. Dalam misi itu, NASA menyebut para kru pasti harus menggunakan toilet.

NASA menyebut misi pengiriman astronaut 2024 bernama Artemis. Misi itu akan membawa astronaut wanita pertama yang melakukan perjalanan ke Bulan. Sehingga, toilet yang dirancang harus bisa digunakan oleh pria dan wanita.

NASA berharap desain toilet tersebut bisa hemat air dan membantu menjaga lingkungan bebas dari bau dan kontaminasi lain.

“Poin bonus akan diberikan pada desain yang dapat menangkap muntah tanpa mengharuskan anggota kru meletakkan kepalanya di toilet,” kata pedoman sayembara tersebut seperti dikutip CNN

Lebih lanjut, NASA menyebut desain toilet harus dapat mendukung dua awak astronout selama 14 hari dan memungkinkan transfer limbah yang dikumpulkan ke penyimpanan yang ada di luar pesawat.

Toilet juga diminta harus mudah dibersihkan dan dirawat, serta harus cepat didirikan. Setidaknya NASA memberi syarat toilet itu bisa selesai dibangun dalam waktu lima menit atau kurang. NASA juga meinta toilet menggunakan daya kurang dari 70 watt dan tidak bising.

Untuk bobot, NASA meminta toilet harus memiliki berat kurang dari 15 kg (33 pon) saat berada di Bumi dan volumenya kurang dari 0,12 meter kubik.

Melansir Gizmodo, NASA sedang mencari perangkat generasi berikutnya yang lebih kecil, lebih efisien, dan mampu bekerja dalam gravitasi mikro dan gravitasi bulan untuk mendukung misi Artemis. 

“Merancang dan mengembangkan toilet baru di bulan mungkin tidak semenarik seperti mengembangkan alat untuk mendukung eksplorasi permukaan bulan, tetapi kebutuhannya sama pentingnya,” kata NASA.

Sayembara pembuatan desain toilet akan berlangsung hingga 17 Agustus 2020. Nantinya, uang sebanyak US$35 ribu akan dibagikan kepada tiga tim dengan nilai tertinggi.

NASA juga menyediakan kategori junior, yakni untuk usia di bawah 18 tahun. Pemenang akan dinilai oleh tim panel NASA.

(jps/eks)

[Gambas:Video CNN]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here