Jakarta, Rubrik Indonesia —

Selama pandemi Covid-19 akibat infeksi virus corona, tidak banyak kegiatan diselenggarakan komunitas otomotif. Touring, bahkan sekadar kopi darat atau kopdar rutin akhir pekan pun menjadi sirna.

Kegiatan komunitas saat ini lebih banyak mengarah kepada bakti sosial untuk membantu sesama di tengah pandemi yang belum kunjung usai. Hal ini juga yang dilakukan Terios Rush Club Indonesia (Teruci) chapter Tangerang.

Komunitas pecinta mobil kembar Toyota dan Daihatsu tersebut menghabiskan akhir pekan dengan menggelar bakti sosial melalui donor darah. Kegiatan ini berlangsung pada Minggu (5/7).

Kegiatan komunitas yang memiliki 30 chapter dan 3.239 member ini bekerjasama dengan UDD PMI Kabupaten Tangerang. Menurut mereka langkah ini sebagai antisipasi kekosongan stok darah pada masa pandemi Covid-19.

Selain Teruci, acara donor darah juga dihadiri Forum Komunikasi  & Komunitas Otomotif (FK3O) Banten, TRCI (Toyota Rush Club Indonesia), TID (Terios Indonesia)Banten, TVLC Tangerang (Toyota Vios Limo Club), ITZC (Indonesia Type Z Community), AXOC (Avanza Xenia Owner Club), serta TACI (Toyota Avanza Club Indonesia). 

Ketua pelaksana kegiatan donor darah Purnomo mengatakan selama kegiatan, protokol kesehatan tetap diterapkan misalnya pemeriksaan suhu sebelum donor, wawancara terkait kemungkinan tertular Covid-19, pemeriksaan fisik sederhana, hingga disinfektan berkala.

Setiap peserta dan panitia juga diwajibkan mengenakan masker dan menjaga jarak.

“Acara donor darah berjalan dengan lancar, semoga acara amal seperti ini bisa berlanjut di lain waktu,” kata Purnomo dalam keterangan tertulisnya, dikutip Jumat (10/7).

Dalam kegiatan tersebut total terdapat 32 kantong darah terkumpul dari 40 member klub otomotif yang bersedia menjadi pendonor. Sedangkan member yang hadir mencapai 70 orang.

“Antusias Luar biasa dari rekan-rekan komunitas di Tangerang  yang hadir untuk menyumbangkan darahnya semoga acara ini berlanjut dari komunitas ke komunitas yang lain,” kata Ketua Teruci Tangerang Riwi Hutomo.

(ryh/eks)

[Gambas:Video CNN]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here