PBSI Siapkan Program Fisik Atlet Pelatnas Cipayung

0
4

RubrikIndonesia – Setelah tes kesehatan pada Kamis 8 April 2021, para atlet pelatnas bulutangkis melanjutkan rangkaian tes dengan menjalani tes fisik Jumat 9 April di Pelatnas PBSI Cipayung, Jakarta Timur.

Setidaknya ada enam tes fisik yang harus dilewati mereka sejak pagi hingga sore hari. Tes itu terdiri dari core muscle test, vertical jump, medicine ball throw, court agility test, rast test dan bleep test.

Core muscle test adalah tes untuk melihat kekuatan otot core. Otot core berfungsi untuk menjaga keseimbangan. Yang berpengaruh pada fungsi gerak. Kemungkinan cedera juga bisa dilihat dari tes ini.

Vertical jump dan medicine  ball throw berfungsi mengukur kekuatan tungkai dan lengan. Karena puncak dari aplikasi kerja otot dari olahraga bulutangkis adalah bagaimana atlet bisa mentransfer tenaga sekuat dan secepat mungkin ke tungkai dan lengan.

Lalu court agility test, untuk mengukur kelincahan dan ketangkasan para atlet di atas lapangan. Sementara rast dan bleep test adalah tes yang berbasis lari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here