Pengamat Nilai Moeldoko Orang Istana Yang Rugikan Citra Jokowi

0
5

Rubrik Indonesia – Kontroversi yang selalu dibuat oleh Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko ramai lagi di perbincangkan, sebagai pembantu Presiden Moeldoko harusnya tampil membantu pemerintah dalam upaya penanganan pandemi, bukan malah menjadi subjek dari berbagai skandal yang merugikan pemerintah.

Seperti halnya skandal manuver untuk merebut kepemimpinan Partai Demokrat dari Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), atau kasus Ivermectin yang kini panas dengan ICW. Lalu yang teranyar, ikut terapi sel dendritik yang diinisiasi oleh mantan Menkes Terawan Agus Putranto.

Pakar Politik Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komarudin menilai, Moeldoko merupakan beban bagi Presiden Jokowi dengan sederet skandal dan ulahnya.

“Dan Presiden pun tahu soal itu. Dibandingkan inner circle Jokowi yang lain, Moeldoko banyak mendapatkan sorotan karena dianggap banyak punya masalah,” ungkap Ujang Komarudin, pada Senin (02/08/2021).

Ulah yang dilakukan Moeldoko semakin berdampak pada buruknya persepsi publik terhadap kerja pemerintahan Joko Widodo.

“Dalam persepsi publik pun Moeldoko dianggap orang Istana yang banyak merugikan citra Jokowi. Karena sering membuat langkah-langkah politik yang kontroversial dan melanggar aturan,” papar Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) ini.

Meskipun begitu, Ujang menilai Presiden Jokowi masih akan tetap mempertahankannya walau dirinya di rindung oleh berbagai skandal.

“Persoalannya adalah, walaupun Moeldoko banyak bermasalah dan publik pun menganggapnya harus diganti dari kepala KSP, namun Jokowi sepertinya masih tetap akan mempertahankannya,” jelas Ujang.

“Karena dulu Moeldoko ditarik Jokowi ke Istana itu untuk mengcounter serangan-serangan lawan-lawan politik Jokowi dari para mantan jenderal,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here