Pernah Bertugas di Aceh, AHY Sarankan Pendekatan Khusus untuk Papua

0
1

RubrikIndonesia – Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyarankan agar Pemerintah melakukan pendekatan khusus untuk mengatasi konflik yang terjadi di Papua, salah satunya dengan melakukan pendekatan keamanan dan peningkatan kesejahteraan sosial, pendidikan, dan kesehatan.

“Untuk persoalan Papua, saya rasa perlu dilakukan pendekatan keamanan dan peningkatan kesejahteraan sosial; tidak harus selalu pendekatan bersenjata—dan saya turut prihatin atas gugurnya dua prajurit TNI asal Kalbar saat tugas operasi di Papua, semoga diterima di tempat yang mulia,” kata AHY, saat berdialog di sela kunjungannya di Pontianak, Kamis malam, 23 September 2021.

Persoalan yang terjadi di Papua, katanya, harus dilihat pokok permasalahannya, sehingga pendekatan keamanan sangat penting. Namun, tidak bisa dibiarkan adanya pemberontakan bersenjata yang terjadi saat ini di Papua.

Menurut dia, negara harus memberikan ketegasan bahwa tidak ada ruang bagi mereka yang ingin memisahkan diri dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here