Ribuan Vaksin COVID-19 Mulai Disalurkan ke Seluruh Provinsi

0
3

RubrikIndonesia – Pemerintah Pusat mulai menyalurkan vaksin COVID-19 ke seluruh provinsi Republik Indonesia, termasuk di antaranya Provinsi Banten dan Jambi. 

Vaksin COVID-19 sudah datang di Kota Serang pada Minggu malam 3 Januari 2021, dan tersimpan di dalam lemari pendingin khusus. Vaksin itu diberangkatkan dari Biofarma, Bandung, Jawa Barat dengan pengawalan ketat pihak kepolisian.

“Barusan (vaksin) datang, sekitar pukul 19.45 wib. Langsung dimasukkan tadi. Kita melakukan pengawalan tadi dari Brimob, diberangkatkan dari Bandung sekitar pukul 15.45 wib dari Biofarma,” kata Karo Ops Polda Banten, Kombes Pol Roem Taat, di lokasi, Minggu 3 Januari 2021.

Pengiriman vaksin dikawal dengan ketat, semenjak dari Bandung. Kemudian keluar di Gerbang Tol Serang Timur (Sertim), selanjutnya dikawal oleh personil Brimob Polda Banten.

Baca juga: Anies Perpanjang PSBB Transisi di DKI Hingga 17 Januari 2021

Penjagaan selama 24 jam juga dilakukan oleh polisi di sekitar gudang penyimpanan vaksin COVID-19. Pengamanan dilakukan bersama oleh pegawai Dinkes Banten.

“Kita akan melakukan pengamanan 24 jam bersama Dinas Kesehatan,” terangnya. 

Polda Banten menceritakan bahwa tanggal 16 Januari 2021, semua vaksin harus terdistribusi ke delapan kabupaten dan kota. Jumlah vaksin yang diterima Provinsi Banten berjumlah 14.560 botol.

“Pengirimannya kita kawal dari sini, tanggal 16 (Januari) itu kan harus terdistribusikan ke kabupaten dan kota di Banten. Vaksin ini ada sekitar 14.560 di 8 boks,” jelasnya.

Jambi terima 20 ribu dosis vaksin

Khususnya di Provinsi Jambi ada sebanyak 20.000 dosis vaksin Sinovac dibawa ke Provinsi Jambi yang diberangkatkan langsung dari PT Biofarma Bandung, Jawa Barat. Tim Gugus Tugas COVID-19, Johansyah membenarkan vansin Sinovac dalam perjalanan menuju Jambi. 

“Ya benar vaksin Sinovac sudah dalam perjalanan dan kemungkinan senin malam, 4 januari 2021 sampai di Jambi ,”ujarnya.

Johansyah mengatakan, saat vaksin tiba di Jambi akan dibawa langsung ke gudang balai obat instalasi farmasi  Kota Jambi, dan rencana akan diberikan ke tenaga kesehatan pada 14 januari 2021.

“Vaksin hanya diberikan untuk tenaga kesehatan pada tahap pertama, dan saat obat disimpan semua sudah dilengkapi kamera CCTV dan pengawalan ketat oleh aparat gabungan,” jelasnya Minggu 3 januari 2021.

Johansyah menyebutkan, persiapan data terbaru tenaga kesehatan yang akan divaksin sudah rampung dilaksanakan, tinggal verifikasi akhir pada Minggu malam. 

“Untuk data tenaga kesehatan yang masuk 95,17 persen dan data itu mencakup tenaga kesehatan dan tenaga kesehatan lain sebanyak 27.391 orang.

“Tahap pertama divaksin yaitu tenaga kesehatan, sopir ambulans, satpam, cleaning service, tokoh masyarakat terpilih dan tokoh kesehatan,” katanya. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here