Rusia Geram pada Ukraina Gara-gara Kostum Timnas Sepakbola

0
2

 

AFP
Kostum timnas Ukraina ini diberi gambar peta yang memasukkan daerah pencaplokan Rusia.

 

Rusia mengirimkan surat keberatan kepada Badan Sepak Bola Eropa (UEFA), terkait apa yang disebut Moskow sebagai perangkat “politis” Ukraina dalam Euro 2020.

Persatuan Sepak Bola Rusia (RFS) beralasan bahwa hal ini “telah melawan prinsip-prinsip dasar” kepada UEFA.

Kaos, dengan gambar peta yang menunjukkan wilayah pencaplokan Rusia-Crimea-menjadi bagian dari wilayah Ukraina, sebelumnya menyulut kemarahan di Moskow.

UEFA mengatakan kepada BBC, kaos timnas Ukraina itu “telah disetujui oleh UEFA, sesuai dengan peraturan tentang perlengkapan yang dapat dipakai.”

Rusia mencaplok Semenanjung Crimea dari Ukraina pada 2014. Rusia berpendapat Crimea adalah bagian dari wilayah mereka, klaim yang ditolak oleh internasional.

Kepala Asosiasi Sepak Bola Ukraina (UAF), Andriy Pavelko, memamerkan kaos ini dalam sebuah halaman akun Facebooknya pada Minggu kemarin, hanya beberapa hari sebelum pesta sepak bola Eropa itu dimulai.

Di bagian depan kaos berdominasi kuning, dan strip biru ini menunjukkan peta Ukraina dalam goresan putih. Peta tersebut meliputi wilayah Crimea dan wilayah timur Donetsk serta Luhansk, daerah yang dikuasai oleh separatis pro-Rusia.

 

Ukraine`s shirt, showing a map of Ukraine including Crimea

Facebook/Andrii Pavelko/Reuters
Sebuah video promosi menunjukkan garis peta menyala

 

Lihat artikel asli