Sel Zombie Ditemukan Setelah Otak Manusia Mati

0
6

RubrikIndonesia – Beberapa sel di dalam otak manusia meningkatkan aktivitasnya, setelah mereka divonis mati. Sel-sel ‘zombie‘ ini meningkatkan ekspresi gen mereka dan dengan gagah berani terus mencoba melakukan tugas-tugas penting, seolah-olah seseorang lupa memberi tahu bahwa mereka telah melakukan hal yang berlebihan.

“Sebagian besar penelitian berasumsi bahwa segala sesuatu di otak berhenti saat jantung berhenti berdetak, tetapi tidak demikian. Temuan kami akan menafsirkan penelitian tentang jaringan otak manusia. Kami hanya belum mengukur perubahan ini sampai sekarang,” ujar ahli saraf, Jeffrey Loeb dari University of Illinois. 

Mereka melakukan eksperimen yang terkait dengan gangguan otak seperti autisme, Alzheimer dan skizofrenia, yang dilakukan pada jaringan otak setelah kematian. Pendekatan ini sangat penting dalam pencarian pengobatan. 

Penelitian ini dilakukan pada jaringan dari orang yang telah meninggal lebih dari 12 jam yang lalu. Dengan membandingkan ekspresi gen di jaringan otak segar dengan sampel otak dari orang yang meninggal, Loeb dan tim menemukan perbedaan mencolok. 

Penelitian menggunakan data ekspresi gen, yang kemudian dikuatkan dengan memeriksa histologi jaringan otak untuk memahami perubahan aktivitas spesifik sel sepanjang waktu sejak kematian, pada suhu kamar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here