Jakarta, Rubrik Indonesia —

Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae Yong berharap timnya bisa melanjutkan pemusatan latihan (TC) di Portugal setelah dari Kroasia.

Skuad Garuda Muda akan bertolak ke Kroasia pada Sabtu (29/8) malam dan akan berlatih di negara Balkan itu selama satu bulan. Akan tetapi, batalnya Piala Asia U-19 di Uzbekistan pada 14-31 Oktober karena wabah Covid-19 membuat PSSI dan Shin Tae Yong berencana memperpanjang TC di Eropa.

Shin Tae Yong memilih Portugal sebagai negara berikutnya untuk persiapan Bagus Kahfi dan kawan-kawan. Portugal bisa jadi tujuan ideal bagi Timnas Indonesia U-19 dalam TC di masa pandemi virus corona.

Di negara itu juga Liga Champions Eropa digelar sejak babak perempat final hingga laga puncak. Kota Lisbon di Portugal jadi pengganti bagi Turki yang sebelumnya dijadwalkan menggelar final Liga Champions 2020. Selain Portugal, Spanyol juga dalam bidikan PSSI setelah dari Kroasia.

“Karena batal turnamen di Uzbekistan, jadi setelah ke Kroasia saya memilih Portugal. Karena visa terbatas untuk tetap di Kroasia dan pemain bisa melakukan uji coba pertandingan dengan tim-tim di Portugal,” ujar Shin Tae Yong.

[Gambas:Video CNN]

Selama TC di Eropa, Shin Tae Yong mengatakan bakal melakukan evaluasi terhadap pemain. Ia juga menuturkan bisa memulangkan pemain selama program latihan di Benua Biru.

Pelatih asal Korea Selatan itu juga mengakui para pemainnya memiliki peningkatan selama menggelar latihan di Jakarta, mulai dari fisik, stamina, hingga mental.




“Jadi pemain bisa ke Eropa karena salah satunya biaya berasal dari pajak masyarakat. Jadi dia [pemain harus] merasa bertanggung jawab. Jika sikap mereka tidak baik akan dipulangkan,” Shin Tae Yong menegaskan.

Sementara itu, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan atau yang akrab disapa Iwan Bule mengatakan, saat di Kroasia nanti Timnas Indonesia U-19 akan melakoni uji coba melalui turnamen persahabatan yang digelar Federasi Sepak Bola Kroasia (HNS).

Pada turnamen mini di Kroasia yang digelar pada 2-8 September nanti, selain melawan tuan rumah, Timnas Indonesia akan menghadapi Bulgaria, Kroasia, dan Arab Saudi.

“Terakhir Qatar yang sudah mendaftarkan untuk bisa melakukan uji coba dengan Timnas U-19,” imbuh Iriawan.

(TTF/sry)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here