Siapa Xu Jiayin Bos Properti China Evergrande dengan Utang Rp4000 T

0
3

 

Getty Images
Utang Evergrande, perusahaan properti yang didirikan Xu Jiayin alias Ha Ka Yan, mencapai Rp4.260 triliun.

 

Direktur dan pendiri raksasa pengembang properti China, Evergrande, Xu Jiayin pada 21 September menulis surat untuk karyawan perusahaan yang ia pimpin yang berjumlah tak kurang dari 125.000 orang.

“Saya meyakini, dengan kerja sama di antara jajaran pimpinan dan seluruh karyawan … jika kita terus berjuang, tabah menjalani perjuangan ini, kita akan bisa keluar dari masa-masa gelap ini segera,” kata Xu Jiayin.

Surat ini ia tulis ketika perusahaannya menghadapi persoalan serius: terancam bangkrut.

Utang yang dicatat Evergrande diperkirakan mencapai tak kurang dari US$300 miliar atau sekitar Rp4.260 triliun.

Dalam sejarah tak ada perusahaan di dunia ini yang memiliki utang sebesar ini.

Muncul kekhawatiran jika Evergrande gagal membayar bunga dan tak bisa mengembalikan utang US$300 miliar, maka ambruknya pengembang yang berkantor pusat di Shenzhen ini dapat memicu kekacauan keuangan global.

 

Warga China yang sudah membayar ke Evergrande menghadapi kemungkinan rumah yang mereka akan beli mungkin tak selesai dibangun.

Getty Images
Warga China yang sudah membayar ke Evergrande menghadapi kemungkinan rumah yang mereka akan beli mungkin tak selesai dibangun.

 

Evergrande telah mengembangkan 876 proyek di lahan seluas 293 juta meter persegi dan punya proyek di seluruh provinsi di China, menurut laporan tahunan perusahaan yang dikeluarkan pada 2019.

Lihat artikel asli