Skandal Olahraga, Duel Tinju Pencabut Nyawa Santapan Dunia

0
12

RubrikIndonesia – Muhammad Ali, Mike Tyson, Evander Holyfield, dan Lennox Lewis. Nama-nama legenda tersebut adalah sebagian kecil dari para petinju yang sering meraih kemenangan KO secara brutal.

Mike Tyson contohnya, yang meraih 50 kemenangan (44 KO) sepanjang kariernya telah puluhan kali membuat para lawan tersungkur dan bonyok. Begitu juga Lennox Lewis mencatatkan 41 kemenangan (32 KO).

Namun, ada satu petinju yang pernah meraih kemenangan paling brutal hingga mencabut nyawa lawannya, Sosok tersebut adalah petinju kelas welter Emile Griffith.

Griffith lahir di Saint Thomas 3 Februari 1938. Dia merupakan petinju pertama asal Virgin Islands yang pernah meraih sabuk juara dunia pada 1 April 1961 silam.

Gelar itu ia raih setelah mengalahkan Benny Paret di Miami Beach. Dalam pertarungan epik, Griffith, yang datang dengan rekor 22-2, muncul sebagai pemenang, mengalahkan sang juara di ronde ke-13.

Tapi, hanya enam bulan kemudian pada 30 September 1961, Paret membalas dendam, meskipun itu agak kontroversial.

Penantang kelahiran Kuba itu bertarung selama 15 ronde, menerima banyak hukuman, tetapi memperoleh kemenangan.

Sebaliknya, Paret menerima pukulan yang kejam dari tangan Emile Griffith, itulah mengapa sangat mengejutkan ketika dia dinyatakan menang.
 
Griffith dan Paret kembali bertemu untuk yang ketiga kalinya pada 24 Maret 1962, di Madison Square Garden.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here