Skandal Olahraga, Timnas Indonesia ‘Sengaja’ Dibantai Bahrain 0-10

0
7

RubrikIndonesia – Sejarah memalukan dalam persepakbolaan nasional terjadi pada 29 Februari 2012. Timnas Indonesia dibantai Bahrain 0-10 di laga Kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Asia yang berlangsung di Bahrain National Stadium, Manama.

Ini menjadi kekalahan terbesar yang dalam sejarah Timnas Indonesia. Rekor sebelumnya adalah kalah 0-9 dari Denmark pada 1974.

Kecurigaan pun muncul dari FIFA. Badan sepakbola dunia ini melakukan investigasi karena hasil yang tak wajar.

“Mengingat hasil yang tidak biasa dalam kaitannya dengan hasil yang diharapkan, serta melihat sejarah pertemuan kedua tim, dan demi menjaga kepercayaan dalam permainan, maka FIFA akan memeriksa pertandingan ini dan hasilnya,” bunyi pernyataan FIFA.

Dalam enam pertemuan sebelumnya antara Indonesia dan Bahrain, hasilnya relatif berimbang. Kedua tim sama-sama menang dua kali dan dua laga lainnya berakhir sama kuat.

Meskipun demikian, Sekjen AFC, Alex Soosay menilai tidak ada yang aneh setelah melihat laporan inspektur pertandingan dan wasit. Soosay juga yakin kalau tidak ada pengaturan skor dalam laga Bahrain vs Indonesia. Menurutnya, dalam laga tersebut Bahrain memang unggul teknik dan taktik.  

“Apalagi saya sudah menelusuri laporan resmi dari inspektur pertandingan dan wasit, dan tidak ada indikasi apapun,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here