Trump Akan Keluarkan Perintah Prioritas Vaksin COVID-19 untuk Warga AS

0
6

RubrikIndonesia – Presiden Amerika Serikat Donald Trump akan menandatangani perintah eksekutif untuk memastikan akses prioritas vaksin COVID-19, yang diperoleh pemerintah AS, diberikan kepada rakyat Amerika sebelum membantu negara lain.

Seorang pejabat pemerintah yang tak disebut namanya mengatakan, perintah eksekutif itu akan berfungsi untuk membentuk kerangka kerja bagi lembaga pemerintah AS, guna membantu negara lain juga mendapatkan vaksin.

Namun, tidak jelas mengapa perintah eksekutif itu diperlukan untuk memastikan bahwa vaksin akan didistribusikan di AS. Seperti diketahui, motto ‘America First’ yang dikampanyekan Trump selama jadi presiden, kemungkinan menjadi alasan penerapan kebijakan yang sama pada distribusi vaksin COVID-19.

Dilansir dari Channel News Asia, sekitar 85 persen dari perawatan jangka panjang dan fasilitas yang ada di seluruh wilayah AS telah mendaftar untuk layanan vaksinasi keliling yang disediakan oleh CVS dan Walgreens.

Baca juga: Rupiah Melemah akibat Kekhawatiran Global akan COVID-19

Gedung Putih akan mengadakan acara pertemuan tingkat tinggi pada Selasa pekan ini, untuk menyoroti proses distribusi melalui Operasi Warp Speed Trump, yang telah mengatur upaya tersebut.

Menurut informasi dari pejabat tim transisi presiden AS terpilih, Joe Biden tidak diundang ke KTT tersebut. Trump yang kalah dalam pemilihan 3 November 2020 dari Biden, menolak untuk menyerah atas kekalahannya dalam pemilu. (art)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here