Vaksinasi Jadi Game Changer Pulihnya Kehidupan Masyarakat

0
4

RubrikIndonesia – Presiden Joko Widodo, berharap pada tahun 2021 ini menjadi titik balik agar dapat menangani permasalahan pandemi COVID-19. Jokowi ingin tahun 2021 ini baik dari segi kesehatan maupun ekonomi dapat segera pulih.

“Kita semua harus optimis awal tahun 2021 ini akan menjadi sebuah titik balik permasalahan pandemi selama tahun 2020 yang kita alami. Kesehatan masyarakat akan segera pulih walaupun kita harus tetap menerapkan protokol kesehatan dan kita juga ingin perekonomian segera bangkit kembali,” kata Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat malam 15 Januari 2021.

Baca juga: Update Korban Gempa Sulbar: 42 Orang Meninggal Dunia

Jokowi berharap pada tahun 2021 ini pandemi COVID-19 dapat lebih terkendali dengan adanya program vaksinasi yang dilakukan sejak Rabu 13 Juni 2021. Vaksin ini, kata Jokowi, menjadi Game Changer atau kunci agar memulihkan kehidupan masyarakat.

“Pengendalian pandemi terutama melalui Vaksinasi adalah game changer, adalah kunci yang sangat menentukan agar masyarakat bisa bekerja kembali, anak-anak Kita bisa belajar di sekolah lagi dan agar kita bisa kembali beribadah dengan tenang dan juga agar perekonomian nasional kita bisa segera bangkit,” kata Jokowi.

Dua hari yang lalu, kata Kepala Negara, program vaksinasi gratis bagi seluruh rakyat Indonesia secara resmi sudah dimulai. Seluruh prosedur dan tahapan pengembangan vaksin telah dilalui dengan baik dan berjalan lancar mulai dari penelitian dasar ilmiah hingga uji klinis telah dilakukan sejak bulan Agustus.

“Badan POM juga telah mengeluarkan izin penggunaan darurat emergency use Authorization dan hasil efikasi vaksin yang diuji sudah di atas standar yang ditetapkan oleh WHO juga juga Majelis Ulama Indonesia sudah menyatakan bahwa vaksin halal. Sistem pendukung vaksinasi juga telah direncanakan dan telah siap sejak beberapa bulan yang lalu,” ujar Jokowi.

Pria yang pernah menjabat sebagai Wali Kota Solo ini mengatakan, program vaksinasi ini merupakan sebuah langkah penting untuk membawa bangsa Indonesia keluar dari pandemi. Dapat memberikan perlindungan kesehatan dan keselamatan pada rakyat serta akan mempercepat pemulihan ekonomi nasional secara cepat.

“Inilah kerja besar yang ingin kita kerjakan dan kita meminta kesadaran kita semuanya meskipun nantinya, meskipun sudah divaksin ini selalu saya sampaikan tetap yang namanya disiplin terhadap protokol kesehatan tetap harus dijalankan dengan ketat sampai seluruh dunia kembali normal tanpa pandemi,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here