Video Evakuasi Kapal Besar Nyangkut di Terusan Suez

0
8

RubrikIndonesia – Otoritas Terusan Suez masih terus mengupayakan evakuasi Kapal Kargo Ever Given dengan muatan kontainer yang terjepit di antara dua kanal Terusan Suez, Mesir sejak 23 Maret 2021. Imbas dari kapal berbendera Panama terjepit ini, lalu lintas kapal di Terusan Suez lumpuh, ditutup sementara hingga evakuasi kapal selesai. 

Leth Agencies, penyedia layanan kanal, mencatat ada 327 kapal saat ini tengah mengantre di ujung teluk untuk menanti masuk jalur laut paling vital di dunia. Sekitar 30 persen volume pengiriman kontainer dunia akan melewati Terusan Suez, jalur yang menghubungkan Laut Mediterania dan Laut Merah. 
 
Sejak Selasa pekan lalu, pihak berwenang Mesir bekerja sama dengan pihak berpengalaman dan bantuan asing, telah berusaha membebaskan kapal kontainer raksasa dengan muatan super berat.

Seorang ahli mengatakan operasi evakuasi kapal milik Evergreen dan berlayar di bawah bendera Panama, mungkin membutuhkan waktu hingga berminggu-minggu untuk berhasil pada akhirnya karena ukuran kapal yang sangat besar.

Kapal Ever Given, panjang 400 meter, lebar 59 meter, dan kapasitas 224.000 ton kandas akibat cuaca buruk dan badai pasir serta terjepit diagonal di kanal.

“Ini seperti ikan paus besar yang terdampar. Ini adalah beban yang sangat besar di atas pasir,” kata Peter Berdowski, CEO perusahaan pengerukan dan pengangkutan barang berat Boskalis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here