Wakil Bupati Klaten Terpilih dari Golkar, YH Dilaporkan ke Polres Sleman

0
21
Wakib Bupati Klaten terpilih Dilaporkan Polisi

Klaten, RubrikIndonesiaWakil Bupati Klaten terpilih Yoga Hardaya (YH) yang merupakan kader Partai Golkar (53) dilaporkan Yuniar Prameswari (43) ke Polres Sleman, dalam perkara proses balik nama sertifikat tanah. Kini kasus ini ditangani penyidik reskrim Polres Sleman. YH dalam pilkada kemarin mendampingi Sri Mulyani, mereka adalah pasangan yang diusung oleh PDIP dan Golkar.

Kasus ini berawal dari utang piutang antara Yuniar dengan YH pada Oktober 2013 silam. Saat itu Yuniar meminjam uang sebesar Rp 257 Juta kepada YH dengan jaminan sertifikat tanah dan bangunan yang terletak di Kalasan, Sleman.

Saat itu disepakati jaminan itu akan diambil kembali setelah uangnya dikembalikan. Saat itu Yuniar tidak diberikan kuitansi dan hanya menandatanganai berkas kosong sebagai bukti tanah dan rumah telah dijaminkan.

Tanpa sepegetahuan Yuniar, pada 2014 sertifikat itu telah dibalik nama atas nama YH.  Yuniar mengetahui pada 2016 ketika akan meminta kembali sertifikat itu untuk dijadikan agunan di Bank. Jika uang pinjaman dari Bank cair akan dipakai untuk menutup utang kepadanya.

“Saat itu dia mengatakan jika tanah dam bangunan itu bukan lagi miliknya. Sebab sudah dibalik nama kepemilikannya, atas nama dia,” kata Yuniar, Jumat (22/1/2021).

Mendengar penjelasan ini, Yuniar kaget karena tidak pernah berniat menjual. Sesuai kesepakatan awal sertifikat itu hanya sebagai jaminan utang. Merasa telah ditipu, Yuniar kemudian melaporkan kasus ini ke Polres Sleman.

“Saya baru berani melapor sekarang karena takut,” terangnya.

Sementara itu Kasat Reskrim Polres Sleman AKP Deni Irwansyah mengatakan, untuk perkara tersebut masih dalam penyelidikan. Kasus itu itu baru dilaporkan beberapa hari yang lalu.

“Masih proses penyelidikan karena baru dilaporkan beberapa hari lalu,” katanya.

Yoga Hardaya maju sebagai Calon Wakil Bupati Klaten dalam Pilkada Klaten 2020 berpasangan dengan Calon Bupati Petahana Klaten, Sri Mulyani dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Yoga merupakan kader Partai Golkar dan menjabat Ketua DPD II Partai Golkar Klaten periode 2016-2021.Dalam pemilihan pasangan Sri Mulyani dan Yoga Hardaya memenangi pilkada kabupaten Klaten pada Desember 2020 lalu. (JN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here